MPLS 2018 - DAY 1

Penulis : Admin | Tanggal : 15 Jul 2018 | Pukul : 01:07:03

Senin, 9 Juli 2018. Kegiatan MPLS resmi di buka oleh guru pembina OSIS, sayangnya, upacara yang telah di rencanakan untuk di adakan di lapangan dan telah dilatih pada pra MPLS sebelunya tidak berjalan sesuai rencana dikarenakan cuaca yang kurang mendukung (hujan), untungnya upacara bisa tetap dilaksanakan di bawah tenda yang telah di siapkan sebelumnya untuk memberikan materi terhadap peserta didik baru, Dalam penyampaiannya saat upacara, Ibu Marsini juga turut menyayangkan hal ini.

Pada hari pertama MPLS ini akan diisi dengan berbagai materi yang mengharuskan siswa didik baru duduk di bawah tenda selama berjam-jam.

Setelah upacara berakhir, ada beberapa materi singkat dari guru wakasek mengenai kurikulum yang digunakan SMAN 3 Luwuk dan langsung di lanjutkan oleh perwakilan dari kepolisian luwuk banggai, beliau membawakan materi mengenai tata cara berlalulintas dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bidang tersebut, gaya bicara dan selera humor yang di bawakan oleh beliau membuat peseta didik baru tidak merasa jenuh dan terlihat terhibur dengan materi itu.

Sebelum materi selanjutnya yang akan di bawakan oleh perwakilan dari jasaraharja, panitia OSIS memberikan pengarahan kepada peserta didik baru untuk berdiri dan melakukan gerakan kecil untuk mengurangi ketegangan selama mendegarkan materi.

Diselah-selah  materi, panitia OSIS terlihat tengah membagikan konsumsi kepada peserta didik baru, juga untuk panitia osis sendiri berupa sebuah kue dengan segelas air mineral.

Materi pun dilanjutkan mengenai keselamatan berkendara dirangkul dengan penjelasan mengenai penanganan oleh tim jasaraharja terhadap korban kecelakaan berkendara.

Acara terus berlanjur dengan materi yang dibawakan oleh perwakilan dari badan narkotika nasional tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta cara mencegah penularan HIV AIDS, meskipun suara dari pemateri tergolong kecil dibanding pemateri sebelumnya, peserta didik baru terlihat tetap menyimak dengan baik meskipun perhatiannya telah menurun.

Saat menyentuh pukul 11:45 peserta didik baru dipersilahkan untuk beristirahat selama 30 menit, dan dilanjutkan dengan sholat Dzuhur yang dilaksanakan di musholah SMAN 3 Luwuk untuk pria dan di ruang kelas untuk putri, di musholah, sholat dipimpin oleh guru agama  Islam SMAN 3 Luwuk, sementara agama kristen, hindu dan budha juga turut melakukan ibadah di ruang kelas yang telah ditentukan.

Setelah waktu istrahat selesai, peserta didik baru diminta untuk kembali ke dalam tenda untuk kembali mendengarkan berbagai materi dari guru wakasek bidang, sempat terjadi ketegangan saat Pak Masdin memberikan materi dikarenakan terdapat peserta yang tidak menyimak materi dengan benar, namun ini bukanah masalah yang cukup berarti untuk mengangu jalannya kegiatan MPLS ini.

Acara resmi di tutup sekitar pukul 2:30, ditandai dengan diizinkannya peserta didik baru untuk kembali ke rumah masing-masing, namun bagi peserta lomba pop singer di minta untuk tetap tinggal di lokasi untuk melakukan pengambilan nada sebagai persiapan pada lomba hari ke dua MPLS.